Museum, Andalan Wisata Indonesia 2010


Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata  mengandalkan museum sebagai salah satu tujuan wisata yang dipromosikan pada 2010. “Tahun ini kami tetapkan sebagai tahun kunjungan museum,” kata Direktur Promosi Dalam Negeri Kementerian Budpar, Fathul Bahri, di Jakarta, Kamis (7/1/2010).

Ia mengatakan, 2010 sudah menjadi komitmen bagi pihaknya untuk menjadikan museum sebagai salah satu aset yang dipromosikan kepada wisatawan baik mancanegara maupun domestik.

Pihaknya juga telah meluncurkan Gerakan Nasional Cinta Museum akhir tahun lalu. Kegiatan itu merupakan gerakan bersama antar-komponen bangsa untuk memperkuat apresiasi masyarakat terhadap nilai kesejarahan dan budaya bangsa melalui peningkatan kualitas pelayanan museum.

“Dengan begitu, kami harapkan target kunjungan wisatawan tahun ini dapat tercapai atau bahkan melampaui,” katanya.

Pihaknya pada 2010 menargetkan mampu menjaring 7 juta wisman dengan perolehan devisa 6,75 miliar dolar AS dan menggerakkan wisatawan nusantara sebesar 230 juta perjalanan dengan pengeluaran Rp 138 triliun.

“Kami optimistis angka itu akan tercapai sepanjang tidak terjadi gangguan signifikan di negara kita,” katanya.

Indonesia tahun lalu mampu menjaring 6,459 juta wisman atau meningkat 0,4 persen dibanding 2008. Sedangkan pergerakan wisnus 2009 sebesar 226 juta perjalanan dari sebelumnya 225,4 juta perjalanan pada 2008.

Menurut Fathul, pariwisata Indonesia yang tumbuh tipis merupakan prestasi di tengah kemunduran sektor pariwisata dunia. “Negara lain seperti Australia dan Thailand tumbuh negatif, kita bisa bertahan padahal mempertahankan target itu adalah suatu perjuangan berat di tengah krisis global,” katanya.

Pariwisata Indonesia pada 2009, kata Fathul, menghadapi tiga tantangan serius sekaligus sepanjang tahun yakni kasus flu babi, krisis global, dan terorisme melalui aksi pemboman.

“Meski begitu, pada akhirnya sektor pariwisata Indonesia mampu mempertahankan bahkan tumbuh positif,” tambah Fathul Bahri.

Kompas, 07 Januari 2010

Iklan

Satu pemikiran pada “Museum, Andalan Wisata Indonesia 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s