Musik Mozart Dongkrak Bobot Bayi Prematur


Musik klasik karya Mozart memiliki manfaat yang sangat besar khususnya bagi bayi prematur. Sebuah riset mengklaim, melodi-melodi lagu Mozart yang menenangkan dapat membantu meningkatkan berat badan bayi prematur dengan cara membuat bayi menjadi rileks sehingga energi yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.

Peneliti dari Tel Aviv University’s School of Medicine menyatakan, penemuan ini mengindikasikan bahwa lagu-lagu Mozart dapat mempersingkat waktu yang dibutuhkan bayi dirawat di rumah sakit, sekaligus menghemat biaya medis senilai jutaan poundsterling.

Akan tetapi, hasil riset menunjukkan tidak semua jenis musik klasik dapat menghasilkan efek yang sama. Lagu ciptaan Beethoven dan Bach tidak mendongkrak berat badan bayi karena tidak memiliki melodi repetitif yang sama.

Dalam risetnya, peneliti memperdengarkan lagu Mozart pada bayi prematur selama   30 menit dan mengukur energi yang mereka gunakan serta membandingkannya dengan jumlah energi yang dikeluarkan saat para bayi tengah tertidur lelap.

Setelah mendengarkan  musik, para bayi mengeluarkan jumlah energi yang lebih sedikit dan membuat bobot mereka naik dengan lebih cepat.  Salah satu dari prioritas utama para dokter dalam menangani para bayi prematur selama ini adalah menaikkan berat badan mereka sehingga dapat bisa cepat dibawa pulang ke rumah.

Para bayi memang lebih rentan terhadap infeksi dan penyakit jika dirawat di rumah sakit. Dengan berat badan ideal, sistem kekebalan tubuh mereka akan berkembang dengan dan lebih tahan terhadap penyakit di masa dewasa.

Salah satu  peneliti, Dr Dror Mandel, mengatakan hasil penelitian ini penting artinya karena memiliki dampak yang luas terhadap penanganan bayi prematur di masa mendatang.

Kompas, 11 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s