China Ungguli AS dalam Penjualan Mobil


Penjualan mobil di China tahun lalu melampaui penjualan di pasar AS untuk pertama kalinya. Kenaikan tersebut didorong oleh insentif Pemerintah China sehingga penjualan naik 46 persen dari tahun berikutnya. Jumlah mobil yang dijual di China mencapai 13,6 juta unit.

Penjualan mobil merupakan salah satu indikator ekonomi penting. Sebelumnya, ekspor China juga telah melampaui ekspor Jerman yang selama ini menjadi negara pengekspor nomor satu dunia. Nilai ekspor China mencapai 1,2 triliun dollar AS, sedangkan Jerman hanya 1,17 triliun dollar AS. Ekspor barang China lebih beragam walaupun bukan merupakan barang-barang canggih berteknologi tinggi seperti barang ekspor dari Jerman.

Pada Desember lalu, penjualan mobil di China naik pesat, hampir 92 persen dari tahun sebelumnya menjadi 1,41 juta unit. Demikian menurut data dari Asosiasi Manufaktur Otomobil China (CAAM) yang dikeluarkan di Beijing, Selasa (12/1/2010). Rekor penjualan di China tahun lalu bertepatan dengan penjualan terendah di AS sejak tahun 1982. Ketika itu krisis finansial sedang merebak dan menyebabkan penurunan laju perekonomian yang membuat daya beli konsumen di AS melemah.

Di AS, mobil yang terjual sekitar 10,4 juta tahun lalu. Angka tersebut turun 21 persen dari tahun 2008. Angka tersebut tidak termasuk penjualan mobil berat komersial yang totalnya mencapai 500.000 unit. Demikian data menurut analis CSM Worldwide Yale Zhang. Sebaliknya, menurut data dari CAAM, pada penjualan 2009 di China sudah menghitung penjualan kendaraan berat komersial.

Hampir sepanjang tahun penjualan di AS menurun kecuali pada Agustus ketika penjualan didorong oleh insentif dari pemerintah. Sedangkan penjualan di China setiap bulan selalu melewati penjualan mobil di AS. Sebelum krisis, penjualan mobil di AS sebanyak 16,2 juta unit, pada tahun 2007, turun 2,5 persen dari 16,6 juta pada tahun 2006. Di China, penjualan mobil pada 2008 sebanyak 9,4 juta unit.

Para analis mengharapkan pasar otomotif China tetap berada di puncak dalam tahun ini dan dapat menjual lebih banyak dari 2 juta unit kendaraan di AS. Akan tetapi, para analis juga memperkirakan penjualan mobil China tidak akan dapat sekuat penjualan pada tahun 2009.

Namun, beberapa analis memperkirakan, secara umum akan ada kenaikan penjualan mobil di China antara 5 dan 6 persen. Beberapa produsen mobil optimistis dan memperkirakan pertumbuhan penjualan akan mencapai 10 hingga 15 persen.

Faktor besar yang akan memengaruhi penjualan adalah penurunan stimulus pemerintah. Pemerintah pusat, Januari lalu, telah memangkas pajak penjualan untuk mobil bermesin kecil. Dampak pemangkasan pajak tersebut, penjualan naik pada tahun 2009. Akan tetapi, untuk tahun 2010 Beijing telah mengurangi pemangkasan pajak untuk mobil kecil. Tahun ini para pembeli mobil kecil harus membayar pajak sebesar 7,5 persen, sedangkan tahun lalu sebesar 5 persen.

Penjualan mobil penumpang di China naik 54 persen tahun lalu menjadi 10,3 juta unit, sementara penjualan mobil komersial naik 28 persen menjadi 3,3 juta unit.

Kompas, 13 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s