Google Berencana Hengkang dari Cina


Google berancang-ancang untuk menutup operasinya di Cina menyusul aktivitas //cyberattack// yang disebut mereka sangat “sangat canggih” dan kasar. Aktivitas ini menyasar para aktivis hak azasi manusia negara itu.

Pimpinan bagian Legal Google, David Drummond menyatakan mata-mata Cina di dunia maya selalu mengawasi aktivitas mereka dan 20 perusahaan lain untuk melacak aktivitas para aktivis Cina di seluruh dunia. Google menyatakan tak akan lama lagi menyaring hasil mesin pencarian mereka dan mempertimbangkan untuk mengakhiri operasinya di negeri itu

“Ini (spionase maya) adalah sebuah serangan di dunia maya, sebuah langkah untuk membatasi kebebasan berbicara di dunia maya. Ini pula yang membuat kami mempertimbangkan kembali kelayakan operasi bisnis kami di negara ini,” ujarnya.

Dalam situs pribadinya, Drummond berbicara lebih jauh. Menurutnya, “Kami telah memutuskan kami tidak lagi bersedia untuk tetap mensensor hasil pencarian Google.cn kami,” ujarnya. Dalam beberapa minggu ke depan pihaknya akan berdiskusi dengan pemerintah Cina mengenai kemungkinan bisa atau tidaknya beroperasi tanpa filter mesin pencari. “Jika tidak, maka kami hengkang.”

Drummond mengatakan Google menyadari bahwa tuntutan menentang pemerintah Cina tentang penyaringan hasil mesin pencari internet mungkin berarti harus menutup operasinya di Cina.

Google mengatakan pihaknya mendeteksi ada serangan yang sangat canggih yang ditargetkan pada infrastruktur korporat pada pertengahan Desember yang mengarah pada apa yang mereka sebut sebagai “pencurian” properti intelektual. Drummond mengatakan serangan berasal dari Cina. Bukti menunjukkan bahwa para penyerang berusaha untuk mendapatkan akses ke account Gmail aktivis HAM Cina.

Google percaya serangan itu sebagian besar berhasil diblokir dan hanya informasi kecil, seperti tanggal dan penciptaan baris subjek yang berhasil dicuri. Sedikitnya 20 perusahaan besar lainnya termasuk keuangan, internet, media, teknologi, dan bisnis kimia juga diserang.

Republika, 13 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s