Mengupas Manfaat Sehat Dibalik Rias Cleopatra


Cleopatra diakui sebagai salah satu wanita paling cantik sepanjang jaman. Betapa tidak, riasan wajah ratu era Mesir kuno ini bahkan menjadi inspirasi perempuan modern untuk tampil cantik tanpa terlihat “menor”. Istimewanya lagi, riset terbaru di Perancis melaporkan tata rias Cleopatra tidak hanya sekedar cantik melainkan juga memiliki efek positif bagi kesehatan.

Riset yang diterbitkan jurnal Analitycal Chemistry mengungkapkan make up berat pada bagian mata bisa membantu melindungi seseorang dari penyakit mata. Para peneliti menyimpulkan polesan tata rias pada mata Cleoptara memberikan perlindungan ke matanya. Hal itu disebabkan, riasan yang digunakan Cleopatra mengandung garam.

Peneliti juga mengungkapkan kadar garam yang digunakan Celopatra pada riasanya sangat rendah. Fungsi garam pada riasan nantinya memproduksi oksida nitrat yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi mata.

Analisis yang dilakukan oleh para peneliti dari Museum Louvre dan lembaga penelitian CNRS menduga apabila garam digunakan dalam dosis yang sangat rendah, zat ini bisa memberikan efek yang positif dan tidak menimbulkan risiko kesehatan.

Guna membuktikan dugaan itu, peneliti menggunakan elektroda kecil dengan perbandingan 1/10 dari ketebalan rambut manusia. Analisis ini untuk melihat efek dari garam klorida sintetis yang dibuat oleh orang Mesir yaitu laurionite dalam sel tunggal.

“Zat ini dapat merangsang pertahanan imunologi spesifik. Orang Mesir kuno memformulasikan zat ini untuk mencegah dan pengobati penyakit mata dengan mendorong aktivitas dari sel-sel kekebalan tubuh,” ujar ketua Tim Peneliti Philippe Walter, seperti dikutip dari BBC, Minggu (10/1).

Umumnya,tata rias yang digunakan oleh orang Mesir kuno cenderung memberi kesan gelap. Masyarakat Mesir kuno juga kerap menonjolkan bentuk matanya. Pola riasan ini memang tidaklah mudah terkadang dibutuhkan waktu hingga satu bulan untuk membuatnya.

Republika, 11 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s