Pasien Gakin Punya Gedung Khusus


Gedung khusus untuk pasien keluarga miskin (gakin) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi siap digunakan mulai Februari 2010. Meski dibangun empat lantai, tetapi baru dua lantai yang akan difungsikan tahun ini. Sementara dua lantai lainnya ditargetkan siap digunakan pada awal 2011.

Wakil Direktur RSUD Cibabat Huzen Rachmadi mengatakan, dua lantai yang akan difungsikan adalah lantai 1 dan 2. Kedua lantai berkapasitas 56 tempat tidur. Untuk lantai 1, selain digunakan untuk pasien, juga akan difungsikan sebagai ruangan pengembangan Unit Transfusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) Cibabat.

”Saat ini sedang uji fungsi dan diperkirakan Februari sudah bisa digunakan. Sebanyak 56 tempat tidur yang akan mengisi kedua lantai itu adalah tempat tidur yang sebelumnya digunakan untuk menampung pasien kelas III yang selama ini mengisi Auditorium Lantai 4 Gedung D RSU Cibabat. Jadi, hanya dipindahkan,” kata Huzen.

Sementara untuk lantai 3 dan 4, rencananya akan siap digunakan pada awal 2011. Kedua lantai itu akan menampung sekitar delapan puluh tempat tidur.

Selama ini, RSUD Cibabat menggunakan Auditorium Gedung D di lantai 4 untuk menampung jumlah pasien gakin kelas III yang membeludak setiap hari. Penggunaan auditorium untuk menampung pasien kelas III itu dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan membiarkan pasien tidur di selasar rumah sakit.

Dengan keberadaan gedung gakin yang menghabiskan dana Rp 2 miliar dari APBN 2009 tersebut diharapkan mampu meningkatkan pelayanan rumah sakit terhadap pasien-pasien gakin. Meski demikian, Huzen mengatakan, mereka akan tetap menjadikan Auditorium Gedung D di lantai 4 itu sebagai posko untuk antisipasi jika ada kasus mendadak.

Pikiran Rakyat, 11 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s