Piramida Ternyata Dibangun Tukang


Pendapat yang mengatakan bahwa piramida dibangun oleh budak selama ini telah runtuh. Ternyata para pembangun piramida itu adalah manusia bebas dan mendapatkan upah. Bahkan, sebuah makam telah disiapkan bagi mereka yang mati dalam melaksanakan tugasnya tak jauh dari piramida itu.

”Mitos mengenai budak pembangun piramida hanyalah bahan (berita) tabloid dan Hollywood,” ujar Dieter Wildung, mantan direktur Museum Mesir di Berlin seperti dilansir Associated Press kemarin (12/01). ”Dunia tak percaya piramid dibangun tanpa buruh yang ditekan tetapi (berdasarkan) loyalitas kepada pharaoh,” imbuhnya.

Fakta ini terungkap berdasarkan penemuan lusinan kerangka pada minggu lalu di lubang baru yang berusia 4.000 tahun. Lubang baru yang berupa makam itu ditemukan di sekitar situs piramid dengan kedalaman sekitar tiga meter. Ditemukan diantara situs pemakaman yang ditemukan dekat piramid pada 1990 bertanggal 2575-2467 sebelum masehi.

Pekuburan itu tak terjamah oleh penjarah makam karena tertutup gurun pasir. Juga tak ada barang berharga yang dapat diambil. Tubuh mereka juga tak dimumi. Makam tersebut berupa tumpukan batu bata. Diatasnya terdapat beberapa kendi berisi bir dan roti. Semua itu dipersiapkan untuk kehidupan mereka setelah mati. Para pekerja bayaran itu diduga berasal dari keluarga Mesir yang miskin.

”Tulang mereka menceritakan kepada kita seberapa keras mereka bekerja,” tutur Wildung.

Teori ini dipecahkan oleh arkeolog Mesir Zahi Hawass. Sebelumnya piramida diyakini dibangun oleh budak. Pemikiran dikeluarkan oleh Herodotus sejarawan asal Yunani. Kemudian muncul teori baru mengenai pekerja asal Israel berdasrkan film Holywood dan perkataan PM Israel Menachem.

Jawapos, 13 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s