Protes Perusakan Al Qur’an, Enam Warga Tewas


Sedikitnya enam pengunjuk rasa tewas saat bentrok dengan pasukan keamanan asing di Afganistan, Selasa. Aksi itu dilakukan untuk memprotes aksi dugaan penghancuran salinan Al Quran yang dilakukan pasukan internasional.

Menurut pejabat provinsiAbdullah Barak, aksi protes yang dilakukan sekitar 2.000 orang di distrik Garmsir, provinsi Helmand itu berubah menjadi kekerasan setelah sebagian demonstrans berkelahi dengan aparat keamanan yang mengakibatkan enam warga sipil tewas.

Juru bicara provinsi Daoud Ahmadi membenarkan adanya enam korban meninggal, namun ia tidak mengatakan mereka adalah warga sipil.

Pihak NATO mengatakan hanya satu orang tewas dalam bentrok selama aksi protes tersebut. Orang itu dibunuh pasukan NATO karena diduga hendak menembak pejabat Afganistan.

Juru bicara NATO, Letnan Nico Melendez membantah bahwa pasukan asing menodai salinan kitab suci Islam di hari Minggu dalam operasi di Garmsir. Melendez mengatakan, tidak ada perusakan Al Quran sebagaimana yang dituduhkan.

“Kami menganggap tuduhan seperti itu sangat serius dan akan mendukung penyelidikan gabungan dengan pihak berwenang Afganistan setempat,” katanya.

Afganistan adalah sebuah negara Muslim di mana menghujat Muhammad dan Qur’an dianggap sebagai kejahatan serius yang harus diganjar dengan hukuman mati.

Sebelumnya, tudingan bahwa pasukan AS menodai Qur’an selama operasi di Provinsi Wardak juga telah memicu protes. Pihak berwenang AS dan Afganistan menyangkal tuduhan itu. Mereka menduga bahwa Taliban telah menyebarkan desas-desus untuk membangkitkan kemarahan masyarakat.

Kompas, 13 Januari 2010

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s