Gerhana Cincin,Pertama dan Terakhir di 2010


Jumat (15/1) besok fenomena alam berupa gerhana matahari cincin akan dapat dilihat oleh masyarakat di sebagian wilayah Indonesia.

Gerhana cincin ini diperkirakan akan terjadi selama 90 menit,mulai pukul 14.39 hingga 15.55 WIB. Kepala Pusat Pemanfaatan Sains Atmosfer dan Iklim Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan, gerhana utama cincin itu dapat terlihat penuh di wilayahAfrika tengah,India,Myanmar, dan China.

Sedangkan di luar wilayah tersebut hanya dapat terlihat sebagian. “Ini termasuk di wilayah Indonesia seperti Sumatera bagian utara, Jawa bagian tengah dan barat, Sulawesi,dan Kalimantan.Sedangkan di luar wilayah tersebut masyarakat tidak akan dapat melihat gerhana ini,” kata Thomas kepada Seputar Indonesiakemarin. Selama terjadi gerhana cincin, ujar Thomas, beberapa daerah di Indonesia akan mengalami perubahan kegelapan dari 0-60%.

“Untuk di Bandung misalnya kegelapannya hanya 8,3% dan puncaknya pada pukul 15.18 WIB,”ujarnya. Dia mengatakan, saat terjadi gerhana, matahari tidak berada tegak lurus dengan posisi Indonesia. Kondisi ini yang menyebabkan gerhana matahari cincin tersebut hanya akan terlihat sebagian di wilayah Indonesia. “Jadi, tidak akan kelihatan cincin. Cincin hanya akan terlihat jika berada tepat di bawahnya.

Seperti di Afrika tengah,India selatan, Myanmar,dan China,”paparnya. Kegelapan gerhana ini akan tampak hingga 60% di Aceh. Sedangkan di wilayah Kalimantan 20%, Sulawesi 5%, dan Sumatera 10-60%. Gerhana matahari cincin pada 2010 ini gerhana pertama dan terakhir di tahun ini. Sepanjang 2010 dipastikan tidak akan ada lagi gerhana matahari. Berdasarkan catatan Lapan, gerhana matahari baru akan terjadi lagi pada 20 Mei 2012 dan 2013.

Gerhana matahari total akan terjadi pada 9 Maret 2016. “Sebelumnya gerhana matahari terjadi pada 26 Januari dan 22 Juli 2009. Pada 26 Januari itu gerhana matahari cincin.Sedangkan pada 22 Juli sebenarnya gerhana matahari total.Tapi di Indonesia hanya terjadi gerhana sebagian,”ujarnya. Thomas mengungkapkan, gerhana matahari itu juga perlu diwaspadai terhadap ancaman pasang maksimum di daerah pesisir pantai. Peristiwa ini dipastikan akan menaikkan ketinggian air laut.

Apalagi jika terjadi hujan,kondisi pasang maksimum harus benar-benar diwaspadai. “Terutama di saat cuaca dalam keadaan hujan dengan intensitas tinggi yang memungkinkan banjir dan rentan rob,”tandasnya. Kepala Bidang Matahari dan Antariksa Lapan Clara Yono Yatini sebelumnya mengatakan, karena sifat gerhana yang kecil, potensi untuk dilihat dari wilayah Indonesia kurang dari 10%.

Meski demikian, Lapan akan tetap mengamati fenomena antariksa tersebut melalui teropong matahari di Observatorium Bosscha Bandung dan Tanjungsari. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) sebelumnya juga telah mengeluarkan pernyataan resmi akan terjadinya gerhana matahari cincin pada 15 Januari 2010 yang dapat dilihat di sebagian wilayah Indonesia.

“Daerah di Indonesia yang paling besar magnitudonya saat gerhana berada di Sumatera Utara,”kata Kepala Bagian Humas BMKG Edison Gurning. Gerhana matahari cincin tersebut akan dimulai di Afrika tengah, lalu bergeser ke kawasan Samudra Hindia. Gerhana matahari akan “menyentuh” langit India dalam waktu singkat, lalu berakhir di Negeri Tirai Bambu,China.

Salah satu kawasan pertama yang akan dilintasi gerhana matahari nanti adalah ibu kota Uganda, Kampala.Ketika matahari terbit pada pukul 7 waktu setempat,pada waktu itu pulalah gerhana matahari akan menyelimuti Kampala. Pada pukul 07.06, bulan akan menutupi permukaan atas matahari. Satu setengah jam kemudian, bulan benar-benar menutupi seluruh permukaan matahari.

Bagi penduduk Benua Afrika, inilah momen yang tepat untuk melihat planet venus lebih jelas dari biasanya.Ketika terjadi gerhana matahari di Kampala nanti, venus akan bersinar lebih terang dari hari sebelumnya. Selain Kampala,gerhana matahari juga akan melanda kota Chongqing, China.

Gerhana matahari di Negeri Tirai Bambu akan dimulai pukul 14.22 waktu setempat. Dari kota ini, venus juga akan terlihat jernih di sisi kiri matahari. Gerhana matahari di China akan berakhir pada pukul 17.07 waktu Chongqing. Sepuluh menit kemudian, matahari muncul kembali dan mulai terbenam.

Harian Seputar Indonesia, 14 Januari 2010

Satu pemikiran pada “Gerhana Cincin,Pertama dan Terakhir di 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s