Kunci Rahasia Tidur Lelap


TIDUR nyenyak merupakan salah satu syarat untuk mencapai kehidupan berkualitas dan terhindar dari stres. Akan tetapi, beban pekerjaan sehari-hari, konflik dengan seseorang, masalah percintaan, dan berbagai hal lain yang berlalu-lalang dalam pikiran bisa menggangu ketenangan tidur Anda.

Namun, bukan berarti Anda mesti buru-buru menelan pil tidur setiap kali sulit memejamkan mata. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana untuk membantu Anda terlelap setiap malam:

Mandi berendam
Satu jam sebelum tidur, coba berendam dengan garam mandi beraroma wangi atau minyak lavender yang menenangkan.

Hindari pil tidur
Pil tidur yang diresepkan oleh dokter bisa dibilang secara kimiawi tidak adiktif. Akan tetapi, secara psikologis bisa menimbulkan ketergantungan. Oleh karena itu, lebih baik hindari menelan pil tidur kecuali Anda berada dalam keadaan jet lag.

Suplemen herbal
Diet sehat kaya protein, karbohidrat kompleks, sayuran, dan buah-buahan bisa membantu Anda tetap seimbang. Selain itu, suplemen herbal juga bisa membantu Anda relaks. Contohnya, rhodiola yang ampuh mengurangi stres, atau ramuan China cordyceps yang membuat tubuh lebih efisien memproses hormon stres kortisol.

Hindari alkohol
Alkohol mungkin membuat Anda kehilangan kesadaran, tapi itu bukan tidur. Anda justru cenderung berada dalam kondisi terjaga namun tidak masuk ke alam tidur.

Tetap tenang
Tidak perlu merasa panik apabila Anda tiba-tiba terjaga dari kondisi terlelap. Menurut J. Kirby Pate, spesialis tidur dari Nashville, kita tidur dengan siklus waktu 90 menit, sehingga bukan yang aneh jika Anda tiba-tiba terjaga. Setelah empat sampai lima jam, tidur biasanya menjadi tidak terlalu tenang dan Anda mungkin terbangun beberapa kali.

Terus bermimpi
Pernah menemukan diri Anda terjaga di tengah malam atau menjelang dini hari? Menurut Woodson Merrell, kepala kedokteran integratif di Beth Israel Medical Center New York, teruskan mimpi Anda begitu mulai mencapai kesadaran. Jangan biarkan pikiran-pikiran lain merasuki otak.

Bangun teratur
Berangkat tidur pada jam yang sama setiap malam memang kebiasaan yang baik. Namun, menurut mengatur waktu supaya Anda memiliki jam bangun tidur yang sama setiap pagi akan menjadi jauh lebih baik.

Media Indonesia, 13 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s