Lima Langkah Kenali Parfum Palsu


MEMBELI parfum palsu pada awalnya mungkin tidak tampak berbahaya, sampai Anda mengetahui zat kimia apa yang sebenarnya terkandung di dalamnya. Apakah sepadan mempertaruhkan kesehatan dengan iming-iming potongan harga parfum yang lebih murah dibandingkan merek aslinya?

Saat ini, parfum palsu dari merek terkenal cukup mudah ditemukan di toko-toko. Penggemarnya pun cukup banyak. Akan tetapi, yang kerap terlupakan barangkali adalah ancaman yang mengintai dari dalam botol parfum palsu tersebut. Tidak seperti parfum asli, parfum palsu bisa menimbulkan bahaya bagi pemakainya.

Menurut Jeannette Graf, dermatologis di Great Neck, New York, wewangian asli dari merek mewah jarang menimbulkan reaksi alergi karena terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi seperti essential oils. Sebaliknya, tiruan yang buruk dan beharga murah bersifat reaktif. Reaksi buruk yang mungkin ditimbulkan mulai dari hidung meler sampai kulit kemerahan dan eksim.

Wewangian diserap oleh tubuh. Ketika Anda membeli parfum palsu, tidak ada jaminan mengenai penelitian serta tes pengendalian kualitas dalam memproduksinya. Parfum tiruan umumnya lebih terkonsentrasi dan memiliki bau menyengat, atau menguarkan bau alkohol yang tidak tahan lama. Parfum palsu juga pernah ditemukan terkontaminasi alkohol, zat antibeku, sampai bakteri berbahaya.

Nah, berikut ini ada sejumlah cara untuk mendeteksi dan menghindari parfum palsu:

1. Amati dengan teliti. Apabila cairan terlampau pucat, bisa jadi parfum itu merupakan produk tiruan yang mengandung alkohol tinggi. Jika cairannya terlampau gelap, bisa jadi parfum tersebut mengandung bahan yang tidak murni atau imitasi.

2. Cermati label di botol parfum. Jika labelnya kotor, dicetak dengan buruk, atau salah eja, maka itu kemungkinan besar produk palsu. Jika kode bar atau tanda identifikasinya terlihat kasar, maka itu parfum tersebut bisa jadi palsu.

3. Parfum berkualitas tinggi biasanya dijual di department store, toko khusus kecantikan, dan sejumlah butik farmasi atau apotek kelas menengah ke atas.

4. Jangan mau dibodohi. Parfum asli sangat tidak mungkin dijual berjejer di atas meja di pusat-pusat wisata, pasar tradisional, atau oleh penjaja keliling.

5. Berhati-hatilah dengan barang di etalase. Para penjual parfum palsu bisa memajang kemasan parfum asli tetapi memberikan Anda parfum yang palsu ketika membeli.

Media Indonesia, 14 Januari 2010

Iklan

2 pemikiran pada “Lima Langkah Kenali Parfum Palsu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s