Mengenali Gejala Awal Alzheimer


Alzheimer adalah penyakit kemunduran daya ingat dan daya pikir akibat kematian sel-sel saraf secara cepat. Penyakit yang lebih dikenal sebagai kepikunan ini seringkali terlambat dideteksi sehingga mengakibatkan kelumpuhan daya pikir dan kemampuan sosial penderita.

Para peneliti dari Amerika baru-baru ini menyatakan berkurangnya kemampuan indra penciuman sebagai sinyal awal penyakit alzheimer. Penderita alzheimer memang mengalami gangguan pada indra penciumannya. Namun para peneliti menemukan hubungan langsung antara terbentuknya plak amyloid, kotoran di otak yang menyebabkan alzheimer, dengan berkurangnya kemampuan indra penciuman.

Hal tersebut terbukti lewat penelitian yang dilakukan pada tikus. Para ahli menemukan plak atau kotoran pertama kali terbentuk di bagian otak tikus yang berfungsi untuk penciuman. Saat diuji, tikus yang memiliki plak membutuhkan waktu lebih lama dalam mengendus bau sebelum mengingatnya.

Selain penurunan fungsi indra penciuman, gejala alzheimer bervariasi, antara lain penurunan daya ingat (misalnya lupa nama, lupa tempat menaruh benda), perubahan suasana hati dan perilaku, sulit mencari kata yang tepat untuk suatu benda atau keadaan, serta sering menyasar (disorientasi).

Pada tahap yang lebih lanjut penderita alzheimer tidak ingat apa-apa lagi mengenai diri, keluarga dan lingkungannya, serta tidak mampu lagi berkomunikasi dengan baik sehingga membutuhkan perawatan dan bantuan orang lain.

Yang beresiko terkena alzheimer adalah orang lanjut usia (lebih dari 60 tahun), memiliki riwayat keluarga terkena alzheimer, penderita stroke, gangguan jantung, diabetes, serta cedera kepala atau otak.

Kompas, 14 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s