Pameran kendaraan Komersil di JIExpo


PT Global Expo Management Indonesia (GEMI) bekerjasama dengan Asosiasi Karoseri Indonesia (Askarindo) menggelar “The Indonesia International Bus, Truck and Components Exhibition (IIBT) 2010” di JIEXpo Kemayoran, Jakarta Pusat, 24-27 Maret mendatang. Ini untuk pertama kali kendaraan komersil dipamerkan secara tersendiri, meski sebelumnya sudah pernah bersama IIMS ketika di JCC, tapi masih terhitung dengan jari partisipannya.

Eksebisi kali ini utamanya ditujukan buat pebisnis otomotif di Indonesia bukan konsumen umum. Selain produsen lokal, penyelenggara akan menggandeng 20 negara antara lain dari China, Taiwan, Malaysia, dan Thailand.

Baki Lee, selaku event consultan GEMI menjelaskan, tahun lalu Indonesia hanya menyelenggarakan Indonesia’s Lagrhest Auto Parts Exhibition (INAPA) yang lebih fokus pada produk komponen. Tahun ini, INAPA akan dilebur ke dalam IIBT 2010 yang menjadi pameran dagang internasional.

“Potensi transaksi sangat besar dalam pameran kali ini. Tahun lalu saja di INAPA, dari data kami tercatat sekitar US$25 juta. Itu hanya komponen, tahun ini ada kendaraan komersil, maka setidaknya US$50 juta saja akan tercapai,” ujar Lee di Jakarta, Rabu (13/1/2010).

Para perserta pameran dagang internasional berasal dari beberapa jenis industri dan pendukung otomotif antara lain, bus, truk, kendaraan khusus (tank, militer, pertahanan, keamanan publik), komponen, aksesoris, mesin fuel cell, mesin hydrogen, dan lain-lain.

“Kami berharap dengan pameran kali ini akan bisa menembus pasar Asean atau lebih luas lagi. Kemampuan industri karoseri nasional perlu promosi yang kuat, salah satunya pameran berskala internasional seperti IIBT ini,” jelas David Herman Jaya, Ketua Umum ASARINDO.

Dalam empat hari pelaksanaan pameran, panitia penyelenggara menargetkan akan mampu menyedot sebanyak 25.000 orang pengunjung dari kalangan profesional. Seluruh pengunjung bisa hadir sejak pukul 10.00-18.00 WIB tanpa perlu membayar alias gratis.

Kompas, 14 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s