Wanita 106 Tahun Itu Diusir dari Rumah Perawatan


Malang nian nasib wanita yang satu ini. Usahanya untuk mencegah penutupan rumah perawatan (panti jompo, red), tempatnya menghabiskan sisa hidup, gagal sudah. Ia diusir dengan paksa di tengah pekatnya malam.

Dengan hanya payung dan selimut di tangan untuk melindunginya dari hujan salju, Louisa Watts (106), salah satu perempuan tertua di Inggris ini didorong keluar dari perawatan rumah. Sia-sia sudah apa yang diperjuangkannya selama ini.

Underhill adalah tempat bagi Watts mengisi sisa hidupnya setelah pindah dari rumahnya empat tahun lalu. Watts memang tak pernah menduga, bila Dewan Kota Wolverhampton menyetujui rencana untuk menutup rumah tersebut pada April lalu sebagai bagian dari rencana pemotongan anggaran yang harus dilakukan pada tahun 2011 untuk menjaga stabilitas pajak.

Ny Watts sebenarnya sudah berusaha. Diwakili oleh pengacaranya, Yvonne kampanye Hossacks, ia pergi ke Pengadilan Banding untuk menggugat keputusan itu. Tapi apa lacur, banding Ny Watts ditolak.

Pengusaha Trevor Beattie sempat menawarkan untuk mendanai rumah itu selama satu tahun setelah mendengar kemarahan penduduk atas penderitaan yang dialami orang-orang yang tinggal didalamnya. Tapi dewan menolak tawaran itu.

Ny Hossacks, salah satu sosok yang sejauh ikut mencegah penutupan lebih dari 80 rumah perawatan mengatakan, banyak mantan kliennya yang telah dipaksa untuk pindah dari rumah perawatan, kemudian meninggal dalam beberapa minggu.

Menurut penelitian ia sendiri, 37 persen dari mereka yang menjadi korban kebijakan pemerintah kota itu banyak sekali yang meninggal dalam waktu satu tahun.

Direktur dewan untuk orang dewasa dan masyarakat setempat, Sarah Norman mengatakan, Underhill yang dibangun 40 tahun lalu kini tak lagi memenuhi standar ruang modern untuk sebuah rumah perawatan.

Kompas, 14 Januari 2010

Satu pemikiran pada “Wanita 106 Tahun Itu Diusir dari Rumah Perawatan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s