Kota Terdingin di Bumi


DI mana ya kira-kira tempat terdingin di bumi ini? Adalah Yakutsk, sebuah kota di timur Rusia yang terletak sekitar 4° (450 kilometer) di bawah lingkaran Kutub Utara. Yakutsk adalah ibu kota Sakha Rusia dan pelabuhan utama di Sungai Lena. Untuk sarana transportasi udara, kota ini dilayani oleh Bandara Yakutsk serta Bandara Magan yang lebih kecil.
Kota ini memiliki populasi 186.626 (sensus 1989) dan meningkat menjadi 210.642 (sensus 2002). Yakutsk merupakan salah satu kota terdingin di Bumi dengan rata-rata suhu bulan Januari -40,9° Celsius (-42 fahrenheit). Pada Juli, suhu rata-rata adalah 19° celsius. Yakutsk adalah kota terbesar yang dibangun di permafrost (tanah yang terdapat di daerah beku, yang tidak selalu tertutup salju). Kebanyakan rumah dibangun di atas tiang-tiang beton.
Iklim semi kering dengan curah hujan maksimum terjadi pada bulan-bulan musim panas. Salah satu kebiasaan penduduknya yang terbilang unik yaitu sering membiarkan mesin mobil mereka hidup seharian. Tujuannya untuk menjamin mereka bisa pulang ke rumah, dan bisa juga untuk menghindari bekunya bahan bakar.
Selain itu, bagi warga pendatang atau turis yang sengaja melancong diperingatkan untuk tidak memakai kacamata di luar ruangan, karena mungkin kacamata itu akan menempel di wajah kita dan mengoyakkan sebagian kulit bila dilepaskan. (independent.co.uk/hr)***
PR – Kamis, 21 Januari 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s