Sampah Jadi Bahan Bakar Pesawat


BRITISH Airways berencana memperkenalkan pesawat jet komersial ramah lingkungan pertama di Eropa. Pesawat tersebut menggunakan sampah sebagai bahan bakarnya. Juru bicara British Airways menyebutkan, pihaknya akan bekerja sama dengan perusahaan bioenergi asal AS, Solena. Keduanya akan mengubah sampah menjadi bahan bakar karbon netral untuk pesawat pada tahun 2014.

Saat bahan bakar tersebut digunakan nantinya, Solena akan mengubah 500.000 ton sampah rumah tangga dan industri menjadi 16 juta galon bahan bakar pesawat karbon netral setiap tahunnya. Jumlah ini akan cukup memenuhi dua kali kebutuhan tenaga pesawat jet British Airways, dengan 95 persen emisi lebih kecil dibandingkan dengan bahan bakar kerosin konvensional.

Pengembangan biofuel untuk pesawat jet berjalan sangat lambat, hal ini disebabkan adanya masalah teknis yang rumit, termasuk kebutuhan akan kapasitas energi yang sangat tinggi, dan cuaca dingin ekstrem di mana pesawat jet harus beroperasi. Namun bahan bakar yang diproduksi Solena disebut-sebut akan berbeda.

Dibandingkan dengan jenis bahan bakar yang ada sekarang, yang harus dicampur dengan bahan bakar normal dari fosil, Solena membuat bahan bakar untuk pesawat jet yang tidak perlu tambahan bahan bakar fosil lagi. Rencana ini akan membantu British Airways memenuhi target untuk memangkas emisi gas karbon hingga 50 persen pada 2050. (Times of India/jam)***PR-Kamis, 04 Maret 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s