Kamera Tembus Dinding


SELAMA ini mungkin kita hanya mengenal NHK sebagai salah satu stasiun televisi yang ada di Negeri Matahari Terbit, Jepang. Sebetulnya NHK tak hanya berkutat dengan hal yang berhubungan dunia pertelevisian, tetapi juga punya hubungan lain misalnya inovasi di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Kali ini, NHK memperkenalkan inovasi mereka berupa teknologi Millimeter-Wave TV Camera yaitu teknologi mirip radar untuk mendeteksi sebuah objek (orang) yang ada di balik dinding. Berbeda dengan radar biasa, teknologi yang diusung oleh NHK ini menggunakan gelombang 60 GHz. Memiliki sejumlah keunggulan jika dibandingkan dengan radar pada umumnya yaitu kemampuannya untuk mendeteksi juga mampu menampilkan gambar atau sketsa orang dalam dua dimensi (2D) ke layar yang ada serta hasil pemindaian lebih cepat dari teknologi yang ada saat ini.

Teknologi ini diharapkan dapat digunakan untuk membantu bencana seperti kebakaran di mana ada kemungkinan ada orang yang terjebak dalam gedung atau bisa juga untuk mendeteksi orang yang tersesat di gunung yang biasanya tertutup oleh kabut.

Inovasi yang dihasilkan NHK ini bisa juga dimanfaatkan oleh pasukan Densus 88, jadi saat menggerebek tersangka teroris yang bersembunyi di balik tembok, tak perlu lagi menunggu sehari semalam hanya untuk memastikan apakah tersangka teroris tersebut membawa bom rompi atau tidak. (diginfo.tv/hr)***

PR – Kamis, 24 Juni 2010

Satu pemikiran pada “Kamera Tembus Dinding

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s