Lensa Kontak Khusus Obati Berbagai Penyakit


LENSA kontak umumnya hanya digunakan sebagai pengganti kacamata. Namun kini, generasi terbaru lensa kontak menjadi perangkat kesehatan yang bisa mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari sakit mata serius, sakit kepala sebelah, hingga diabetes. Contohnya, lensa kontak berwarna merah yang dikembangkan untuk menghilangkan sakit kepala sebelah.
Manfaat lensa kontak berwarna merah sebenarnya sudah dicontohkan oleh kapten tim olah raga kriket Inggris Andrew Strauss. Dia menggunakan lensa kontak berwarna merah untuk meminimalisiasi efek silau cahaya matahari. Lensa kontak ini bekerja menyaring gelombang cahaya yang merangsang penerima retina secara berlebihan yang umumnya menimbulkan rasa sakit kepala sebelah.
Lensa kontak generasi terbaru juga ada yang bisa digunakan untuk mengobati diabetes. Ilmuwan di University of Western Ontario Kanada telah menciptakan lensa kontak yang secara kimia bereaksi terhadap kadar gula darah yang terdeteksi pada air mata. Oleh karena itu, lensa kontak tersebut berfungsi mengontrol kadar gula darah dan mengingatkan penggunanya untuk rutin mengeceknya.
Selain bisa mengobati sakit kepala sebelah dan diabetes, lensa kontak pun dapat menjadi alat terapi bagi penderita disleksia, yaitu gangguan pada penglihatan dan pendengaran yang disebabkan oleh kelainan saraf pada otak sehingga membuat seseorang mengalami kesulitan membaca. Profesor John Stein dari Oxford University memperkirakan, satu dari tiga penderita disleksia dapat terbantu dengan menggunakan penyaring warna pada lensa kontak mereka. Manfaat lain dari lensa kontak generasi terbaru yang tengah dikembangkan para ilmuwan saat ini adalah mengobati penyakit kornea, katarak, rabun dekat, atau alat pengecek kesehatan mata secara rutin. Tak heran jika beberapa tahun lagi para pemakai lensa kontak memiliki banyak pilihan, tak hanya mementingkan gaya, tetapi juga mempertimbangkan fungsinya untuk kesehatan. (Dailymail/jam)***
PR – Kamis, 29 April 2010

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s